Resmi, Dorna Sports dan ITDC Telah Sepakat Akan Perbaiki Sirkuit Mandalika, Jadwal MotoGP Indonesia 2022 Di pastikan Tidak Mundur

Pada Tes MotoGP Indonesia 2022 yang di lakukan pada sirkuit Mandalika pada minggu pekan lalu (11-13/2) telah sukses dipentas.

Meskipun begitu, ada beberapa point yang telah menjadi catatan yang sangat penting bagi Dorna Sports selaku satu-satu nya promotor dalam ajang bergengsi MotoGP dan juga ITDC (Indonesia Tourism Development Coporation) sebagai salah satu pemilik sirkuit Mandalika ini.

Salah satu point yang paling dianggap mendesak dan juga harus segera untuk dilakukan perbaikan adalah mengenai bagaimana kondisi aspal yang ada di sirkuit Mandalika.

Aspal di sirkuit Mandalika yang telah mengalami beberapa kerusakan selama dipakai untuk melakukan sesi tes pada MotoGP Mandalika kemarin, menjadi salah satu kondisi yang dikeluhkan oleh banyak pembalap.

Dorna Sports telah memastikan akan ada sejumlah perbaikan aspal di Sirkuit Mandalika sebelum akan digunakan di MotoGP Indonesia 2022 pada bulan Maret mendatang.

Mulai dari pembalap Marco Bezzecchi, Jack Miller, dan bahkan Francesco Bagnaia yang telah mengalami luka lebam yang ada di lengan kirinya akibat terkena kerikil dari aspal sirkuit Mandalika yang mengenai dirinya.

Dengan kondisi yang seperti ini, sudah jelas akan menjadi sangat berbahaya bagi para pembalap jika tidak di lakukan perbaikan.

“Harus dilakukan pengaspalan ulang, khususnya di titik tikungan satu sampai tujuh,” saran dari Jack Miller yang di ungkapkan dalam sesi jumpa pers di sirkuit Mandalika ketika itu.

Atas kondisi yang seperti ini, Dorna Sports akhirnya juga ikut mengeluarkan pernyataan resmi.

“FIM, yang juga sudah mengawasi homologasi trek, dan telah berupaya untuk dapat berkomunikasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengenai beberapa titik perbaikan yang sangat diperlukan ini, yang harus segera dilaksanakan dengan kurun waktu minimal tujuh hari sebelum peresmian Pertamina Grand Prix Indonesia,” serperti yang di tulis pernyataan Dorna Sports.

ITDC juga telah setuju mengenai beberapa penilaian dan permintaan yang di lakukan FIM untuk segera melakukan perbaikan dan juga melakukan pengaspalan ulang di sebagian titik yang ada sirkuit Mandalika.

“Sirkuit Mandalika akan segera dilapis ulang dari titik bagian sebelum Tikungan 17 hingga setelah pada Tikungan 5,” ucap Dorna Sports.

Dorna Sports dan ITDC juga telah sepakat untuk menggunakan teknologi terkemuka supaya memastikan keseluruhan permukaan aspal yang ada di sircuit mandalika telah memenuhi standar MotoGP.

Sudah Tiga hari para pembalap MotoGP telah menjalani tes pramusim kedua di sirkuit baru Mandalika pada (11-13/2) lalu.

Tiga hari ini juga para jawara balap motor itu berusaha beradaptasi dan lebih mengenal typical dari aspal di sirkuit Mandalika yang belum berusia setahun diresmikan juga digunakan untuk balap-balap di ajang bergengsi.

Tak bisa di hindarkan pasti akan banyak masukan dan pengalaman yang akan mereka utarakan kepada para pengelola sirkuit, Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Salah satunya ialah issue mengenai aspal yang menjadi bahan topik pembicaraan selama tiga hari tes tersebut.

Di Mulai dari sirkuit yang berdebu pada hari pertama, hingga issue tentang aspal di beberapa titik yang sudah mulai terkelupas pada hari ketiga.

Tak pelak ada beberapa pembalap yang telah menyuarakan pengalamannya agar MGPA segera melakukan pengaspalan ulang untuk sircuit mandalika, seperti Jack Miller, Aleix Espargaro, dan Fabio Quartararo.

Namun bagaimanakah tanggapan dari MGPA mengenai masalah yang di utarakan para pembalap ini.

“Iya kami telah mendengar masalah-masalah itu dan kini kami sedang membahasnya secara internal,” kata Cahyadi Wanda, selaku Vice President MGPA kala dihubungi.

“Mengenai dengan bagaimana kelanjutannya, besok akan segera kami sampaikan berikut bersamaan dengan pernyataan secara resmi dari Dorna Sports,” lanjutnya.

Jika bisa melakukan pengaspalan ulang di sirkuit Mandalika, sudah jelas akan sangat membutuhkan waktu yang cukup lumayan panjang.

Di mulai pertama dari membongkar aspal sirkuit Mandalika yang telah ada saat ini, hingga untuk mengaspal baru dengan kualitas baru yang pasti lebih baik untuk digunakan.

Sebab waktunya juga hanya sekitar 30 hari sebelum ajang MotoGP Indonesia 2022 yang di jadwalkan sebagai seri kedua pada tanggal 18-20/3 mendatang.

Kami berharap supaya tidak ada lagi kabar negatif mengenai masalah atau issue ini lantaran MotoGP Indonesia 2022 sudah sangat cukup dinantikan sejak terakhir kali pernah diselenggarakan tahun 1997 di sirkuit Sentul.

“FIM dan Dorna juga ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada ITDC atas dukungan luar biasa dan reaksi yang sangat cepat dari mereka,” imbuhnya lagi.

“Kami semua juga ingin meyakinkan para penggemar kami di Indonesia, dan seluruh orang di dunia, bahwa Pertamina Moto Grand Prix Indonesia 2022 akan tetap berlangsung pada tanggal yang telah direncanakan, dan di ajang MotoGP yang telah sangat di nantikan untuk kembali ke Lombok,” ujarnya.

Wah, semoga semua bisa selesai dengan waktu dan perbaikannya segera kelar sebelum gelaran bergensi seperti MotoGP Indonesia 2022 akan dipentas 18-20 Maret mendatang nih.