6 Role Hero Di Mobile Legends: Bang Bang Yang Wajib Kalian pahami Sebelum Bermain

Jakarta – Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) telah menjadi salah satu game mobile terpopuler di Indonesia sekarang ini.

Dengan dilakukan berbagai promosi hingga pertandingan esports, ketenaran game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) seperti ini tentu belum akan surut dalam jangka waktu dekat ini.

Bagi para pecinta gim MOBA, kalian mungkin sudah tidak asing dalam memainkan permainan ini. Namun, buat kalian yang baru terjun ke game genre ini mungkin akan sedikit bingung saat memulai memainkannya.

Yang Harus dikenali/dipahami oleh para calon pemain baru Mobile Legends untuk pertama kali adalah role/class apa atau peran dari beberapa karakter yang akan digunakan.

Ada 6 role/class yang bisa kalian pilih saat akan terjun bermain ke arena yaitu: Tank, Mage, Fighter, Assassin, Marksman, dan Support, yang pasti nya masing-masing memiliki kemampuan unik nya dan tugasnya masing-masing.

Berikut ini merupakan tugas dari tiap-tiap role tersebut, yang kalian bisa pilih sesuai gaya permainanmu.

1. Tank

Tank merupakan type hero yang paling tebal dan memiliki hp yang besar di antara semua karakter MLBB. Mereka biasa mengambil posisi di garis depan dan sangat membantu untuk melakukan open war ketika pertarungan tim.

Ada banyak sekali hero Tank yang dapat mengcover rekan satu tim yang lebih tipis atau mendorong musuh berbahaya seperti assasin di tim musuh dan mengurangi potensi kerusakan yang di timbulkan mereka.

Tank juga memiliki defense dan hit point yang sangat tinggi. Namun dengan damage rendah. Apabila digunakan oleh orang yang tepat, mereka bisa menjadi hero yang sangat membantu tim di sepanjang game. Hero ini juga secara alami memiliki HP, Magic Resistance, dan armor yang tinggi. Mereka juga biasanya memiliki beberapa skill berbentuk crowd control (CC) biasanya slow, stun, atau taunt.

2. Fighter

Hero di role ini merupakan petarung jarak dekat dengan kombinasi kemampuan ofensif dan defensif. Damage dari hero jenis ini dapat terakumulasi seiring waktu, sehingga menjadikannya sebuah ancaman besar ketika memasuki lategame.

Fighter adalah tipe role dengan gabungan karakteristik Tank dan Assassin, meski tidak memiliki fungsi sebanyak Tank dan damage nya tak sebesar Assassin.

Fighter juga adalah hero jarak dekat dengan daya tahan Tank dan damage Assassin, sehingga menjadikan nya sebagai role yang multifungsi sehingga bisa di kombinasi kan Semi Tank, Crowd Controller, atau Tank and Assassin.

Perannya sendiri juga sangat tergantung pada susunan tim. Mereka sering dipakai dalam bermain solo lane atau sebagai backup sekutu. Mereka dapat juga di pastikan bersinar di late game.

3. Assassin

Role hero yang dispesialisasi kan membunuh atau menculik target yang roaming saat mereka mencoba untuk melakukan recall atau mengisi kembali HP. Fokusnya adalah infiltrasi dan mobilitas.

Hero roel jenis ini sangat cocok dimainkan bagi mereka yang telah pengalaman karena hero ini cenderung memiliki HP yang rendah dan damage yang sangat tinggi.

Mereka sangat ideal untuk mengeleminasi lawan dengan mudah, namun gampang juga untuk dibunuh apabila berada di tempat dan posisi yang buruk serta waktu yang tidak tepat.

Bermain dengan role hero ini juga harus sering menunggu untuk menyerang agar tidak sering mati, karena role hero ini memiliki kelemahan seperti crowd control. Assassin direkomendasikan memiliki lifesteal atau crtitical hit untuk meningkatkan ketahanan mereka dan burst damage yang tinggi selama pertarungan tim.

Beberapa ciri yang dimiliki role hero jenis ini di antara nya gesit, HP rendah, serta lincah dan cepat, memiliki set kemampuan yang memungkinkan untuk mengejar musuh.

4. Support

Role hero dengan peran ini adalah untuk menjaga atau menyembuhkan tim, serta menahan beberapa kerusakan, atau mengorbankan diri kepada tim lawan sehingga teman satu tim bisa tetap hidup atau menang di saat pertarungan tim.

Hero Support juga biasanya mendampingin Marksman di gold lane atau mid lane, agar bisa melakukan romaing dengan cepat di mana mereka ketika dibutuhkan.

Beberapa kegunaan dari hero type Support ini adalah memberikan perisai, penyembuhan/heal atau menangani bentuk crowd control misalnya dengan menstun musuh mengunakan skill mereka. Role ini juga sering menemani hero-hero type carry untuk membantunya dalam naik level dengan lebih cepat.

Hero Support sangat direkomendasikan untuk selalu ikut berpartisipasi dalam pertarungan tim untuk membantu mengsupport rekan satu tim dalam mencapai tujuannya, serta tidak di anjurkan untuk sendirian di lane.

5. Mage

Role mage adalah hero dengan area skill jangkauan yang lebih jauh, area skill damage berdasarkan kemampuan, dan crowd control yang dapat terus digunakan untuk menyerang dan menback up tim dari jarak jauh.

Mage utamanya selalu berfokus pada keterampilan sihir yang menghasilkan magical damage yang sangat besar, biasanya juga memiliki burst damage, dan akibatnya, mereka menghabiskan banyak gold dan mengkomsumsi banyak mana.

Selain itu juga, role hero tipe ini juga memiliki cooldown skill yang lebih cepat. Mage adalah tipe role yang punya magic damage tertinggi dan skill CC terbesar, yang mengkhususkan diri dalam memberikan magic damage dengan skill-nya yang sangat besar.

Role ini biasanya memiliki durabilitas yang sangat rendah sehingga sering menjadi sasaran dalam teamfight musuh yang membutuhkan pertolongan. Kebanyakan Hero ini memiliki kemampuan crowd control dan juga memiliki burst damage yang sangat tinggi.

6. Marksman

Marksman adalah role hero yang memiliki range jarak jauh yang kekuatannya hampir seluruhnya didasari pada serangan basic attack mereka, dengan menggunakan range jarak jauh mereka untuk mendaratkan kerusakan yang besar secara terus menerus dari jarak jauh.

Marksman juga di klaim lebih baik dalam memberikan damage kepada objectives seperti Lord dan turret. Hero ini biasanya mempunyai attack speed yang tinggi, memberikan damage dalam jarak jauh. Tipe ini biasa disebut juga dengan carry/ADC (Attack Damage Carry).

Role ini umumnya juga memiliki daya tahan dan mobilitas rendah, sehingga bermain secara safety disarankan dengan menjaga jarak dari musuh sehingga tidak offside, atau ditemani oleh tank atau support 1 tim.